About Me




Nama : Achmad Alfiyan Faqih
Alamat : Banyuwangi
Hobi : Membaca dan Traveling
Prodi : S1 Pendidikan Teknik Informatika '12 Off A
Motto : Hidup hanya sekali, jalani dengan sebaik-baiknya karena penyesalan selalu datang terlambat

Wednesday, April 30, 2014

1

PENGENALAN VISUAL BASIC .NET & VARIABEL DAN TIPE DATA

Posted in

·         Platform .NET Framework

Microsoft .NET yang awalnya disebut Next Generation Windows Services (NGWS) adalah suatu platform untuk membangun dan menjalankan generasi penerus aplikasi-aplikasi terdistribusi. Microsoft .NET merupakan framework (kerangka) pengembangan yang menyediakan antarmuka pemrograman baru untuk layanan Windows dan API (Application Programming Interface).

            Microsoft .NET merupakan strategi Microsoft untuk menghubungkan system, informasi, dan alat (device), sehingga orang dapat berkomunikasi serta berkolaborasi dengan lebih efektif. Teknologi .NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web service.

            Platform Microsoft .NET terdiri dari lima komponen utama yang tersusun  dalam tiga lapisan (layer). Lapisan paling bawah adalah system operasi; lapisan kedua terdiri dari tiga komponen; lapisan teratas adalah Visual Studio .NET.

clip_image004[4]

Platform Microsoft .NET

·         Visual Studio .NET

Microsoft Visual Studio .NET merupakan kumpulan lengkap tools pengembangan untuk membangun aplikasi Web ASP.NET, XML Web Services, aplikasi desktop, dan aplikasi mobile. Di dalam Visual Studio inilah bahasa-bahasa pemrograman .NET seperti Visual Basic, Visual C++, Visual C# (C Sharp), dan Visual J# (J Sharp). Semuanya menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi atau IDE yang sama sehingga memungkinkan untuk saling berbagi tools dan fasilitas.

·         Visual Basic .NET

Visual Basic .NET (atau VB.NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi .NET di platform Microsoft .NET. tidak seperti generasi sebelumnya, Visual Basic versi 6.0 ke bawah yang lebih difokuskan untuk pengembangan aplikasi desktop, Visual Basic .NET memungkinkan para pengembang membangun bermacam aplikasi, baik desktop maupun aplikasi web. Seiring dengan perkembangan aplikasi perangkat lunak yang semakin kompleks.

·         IDE Visual Basic

IDE (Integrated Development Environment),atau juga disebut sebagai Integrated Design/Debugging Environment, adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu pemrogram dalam mengembangkan perangkat lunak. Singkatnya, IDE merupakan suatu lingkungan pengembangan aplikasi yang terintegrasi, lengkap dengan beragam tools dan utilitas pendukung.

·         Tipe Data

Tipe merupakan pola representasi suatu data di komputer dan berfungsi untuk mendefinisikan objek yang akan diprogram. Pada prinsipnya, tipe menentukan representasi internal data atau suatu nilai. Tipe data digunakan untuk menyimpan dan merepresentasikan data di dalam aplikasi.

Bahasa-bahasa pemrograman di .NET merupakan strongly typed, yang berarti bahwa setiap variabel dan ekspresi memiliki tipe yang harus diketahui pada saat kompilasi. Tipe data di .NET diklasifikasikan ke dalam dua bagian: tipe value dan tipe reference. Tipe-tipe primitif (kecuali string), enumerasi, dan struktur merupakan tipe value. Adapun kelas, string, modul standar, interface, array, dan delegate merupakan tipe reference.

Tipe primitif Visual Basic .NET terdiri dari integer (Byte, Short, Integer, Long), floating-point(Single, Double, Decimal), Boolean, dan Char. Tipe-tipe ini diidentifikasi melalui keyword, yang merupakan alias untuk tipe predefined di namespace System.

·         Variabel

Variabel adalah suatu lokasi di memori, di mana interpretasinya bergantung pada kelas penyimpanan yang ditentukan berdasarkan keyword dan konteks deklarasinya dan tipenya. Pada dasarnya, setiap variabel memiliki nama (yang dikenal sebagai identifier), tipe, dan ruang lingkup (scope) atau visibilitas (visibility).

·         Coding Standard

            Dalam kaidah pemrograman, suatu kode program harus mudah dibaca dan dipelihara. Perlu diketahui, kemudahan suatu kode untuk dibaca bukan hanya oleh pembuatnya sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Berikut ini adalah aturan-aturan dasar yang bisa membantu untuk menghasilkan kode program yang standar.

a.       Notasi Penamaan

Dalam penamaan objek atau variabel, disarankan menggunakan notasi yang telah ditetapkan.

Notasi Pascal: Notasi ini terdiri dari huruf besar di setiap awal kata,  contohnya MyVar. Notasi Pascal disarankan untuk digunakan pada penamaan class, method, properti, event, enumerasi, field public, dan namespace. Khusus untuk penamaan interface, sebaiknya diawali huruf I, contohnya INamaInterface.

Notasi Camel: Notasi ini terdiri dari huruf kecil di awal kata dan diikuti huruf besar untuk kata berikutnya, contoh myVar, getDataConn, dan sebagainya. Notasi ini digunakan untuk parameter yang dilewatkan ke method, variabel-variabel lokal, dan anggota-anggota class dengan access modifier Private atau Protected.

Notasi Upper: Notasi ini terdiri dari huruf besar semua dan dipisahkan karakter garis bawah apabila ada beberapa kata, contohnya MAX, MAX_DATA, dan sebagainya. Notasi ini sering digunakan untuk penamaan konstanta.

b.      Standar Penamaan

Mengacu pada standar pembuatan program VB.NET, berikut ini adalah daftar standar penamaan yang disarankan. Diharapkan, dengan mengikuti standar yang ada, maka kode program akan lebih mudah dibaca serta dipahami baik oleh pemrogram sendiri maupun orang lain.

Tipe Data

Awalan/Prefiks

Contoh

Boolean

B, bool, atau bln

bFound

Byte

byt

bytData

Char

chr

chrData

Date

dt

dtdtMax

Decimal

dec

decVal

Double

dbl

dblVal

Integer

int

intMax

Long

lng

lngVal

Object

o

oData

Short

srt

srtVal

Single

sng

sngVal

String

str

strVal

·         Konversi

Keberagaman tipe data di bahasa pemrograman berpotensi memicu terjadinya konversi data. Konversi bisa diartikan sebagai upaya pengubahan suatu entitas dari satu tipe data ke tipe data lainnya. Konversi ini bisa berupa widening atau narrowing.

Konversi widening adalah konversi dari satu tipe ke tipe lainnya yang dijamin dapat dilakukan misalnya konversi dari tipe turunan ke tipe dasar. Di sisi lain, konversi narrowing tidak bisa dipastikan akan selalu berhasil dan berpotensi menimbulkan hilangnya informasi.

 LATIHAN

Latihan Modul 1.1

a.      Membuat Project Baru

1.      Jalankan Visual Basic 2010

2.      Klik menu File à New Project, atau melalui icon New Project, atau melalui kombinasi tombol Ctrl + N.

3.      Pada kotak dialog New Project, pilih template Windows Forms Application, beri nama pada kolom name sesuai keinginan, kemudian klik OK

clip_image006[4]

 

Ketika menggunakan .Net Framework 4 terdapat 11 pilihan template. Jumlah template akan berbeda jika anda menggunakan .NET Framework 2.0, .NET Framework 3.0, ataupun .NET Framework 3.5

 

·         Windows Forms Application digunakan untuk membuat aplikasi dan user interface yang berjalan di komputer lokal user.

·         Console Application ( Aplikasi Konsol ) adalah baris perintah yang berorientansi aplikasi yang memungkinkan kita untuk membaca karakter dari konsol, menulis karakter ke konsol dan dijalankan dalam versi DOS.

 

b.      Mengenal IDE Visual Basic 2010

Setelah anda sudah berhasil membuat sebuah project Visual Basic, saat ini tentunya anda akan berhadapan langsung dengan tampilan lingkungan Visual Basic 2010 seperti yang ada di bawah ini.

 

clip_image008[4]

Halaman Kerja pada Microsoft Visual Basic 2010 umumnya memiliki lingkungan sebagai berikut:

 

·         Menu Bar, berfungsi untuk pengelolaan fasilitas yang dimiliki oleh Visual Studio 2010, Sedangkan Tool Bar, berfungsi untuk melakukan perintah khusus secara cepat.

clip_image010[4]

 

·         Form, merupakan objek utama yang berfungsi sebagai Interface (antar muka) dari aplikasi yang akan dibuat. Pada Form ini anda bisa meletakkan objek – objek yang terdapat dari Toolbox.

clip_image012[4]

 

·         Tool Box, berfungsi untuk menyediakan objek-objek atau komponen yang digunakan dalam merancang sebuah Form pada aplikasi yang akan dibuat.

 

clip_image013[4]

 

·         Solution Explorer, berfungsi untuk menampilkan project beserta file-file pendukung yang terdapat pada sebuah program aplikasi.

 

clip_image015[4]

·         Properties, berfungsi untuk mengatur property-property yang ada di setiap objek yang diletakkan pada sebuah form.

 

 

clip_image017[4]

 

c.       Membuat Aplikasi Windows

1.      Buat project baru, atau lanjutkan project anda sebelumnya.

2.      Tambahkan sebuah control Label ke form, dengan cara mengklik ganda di Label Toolbox, atau men-drag Label ke form. Atur propertinya seperti tabel berikut:

Objek

Properti

Nilai

Label

Name

lblText

Text

(Kosongkan isinya)

3.      Tambahkan event Load pada form dengan salah satu cara berikut:

a.       Klik ganda area form kosong.

b.      Klik area form kosong, kemudian tekan F7.

4.      Lengkapi kode event handler-nya seperi berikut:

Public Class Form1

 

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

        'Men-set title (judul) window

        Me.Text = "Latihan"

 

        'Men-set teks kontrol label

        Me.lblText.Text = "Selamat Belajar Teman-Teman FT-UM"

    End Sub

End Class

5.      Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5 (di keyboard) atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug à Start Debugging.

6.      Simpan aplikasi anda

 

Tampilan program:

clip_image018[4]

 

Keterangan:

Pada program tersebut terdapat keyword “Me” yang berfungsi mereferensi ke instance yang sedang dieksekusi. Nama variabel untuk judul window adalah “Text” sehingga Me.Text = "Latihan" akan menghasilkan judul window yang bertuliskan “Latihan”

Sama halnya pada Me.lblText.Text = "Selamat Belajar Teman-Teman FT-UM"

 

d.      Membuat Aplikasi Console

1.      Buat project baru, pilih template Console Application, kemudian klik OK.

2.      Lengkapi kode programnya seperti berikut:

Module Module1

    Sub Main()

        'Mencetak teks ke console

        Console.WriteLine("Apa Kabar Teman-Teman FT-UM")

        Console.WriteLine("Selamat Belajar Pemrograman Visual")

 

        Console.Read()

    End Sub

End Module

 

3.      Tekan F5 untuk menjalankan aplikasi

4.      Simpan aplikasi anda

 

 

Tampilan program:

clip_image019[4]

 

Keterangan:

Pada program tersebut terdapat syntax  “Console.WriteLine” yang berfungsi untuk menulis pada baris terakhir (sesuai posisi syntax) untuk dijadikan sebagai output di console.

 

Latihan Modul 1.2

a.      Deklarasi Variabel

Deklarasi variabel dilakukan untuk menyimpan suatu penempatan di memori, memberinya nama, dan mendefinisikan tipe data yang dapat digunakan di variabel tersebut. Dengan demikian, deklarasi minimal mendefinisikan tipe data dan nama (identifier).

Pendeklarasian variabel global (field) sebaiknya menggunakan access modifier (Private, Protected, Public). Adapun untuk variabel lokal, gunakan keyword Dim (Dimension).

Module Module1

 

    'Deklarasi field (variabel global) dengan tipe String

    Private strName As String

    Sub Main()

        'Deklarasi variabel lokal

        Dim intVal As Integer

 

        Console.WriteLine(intVal)

        'Output : 0

 

     'untuk menampilkan hasil pada console

                   Console.Read()

 

    End Sub

End Module

 

 

 

 

Tampilan program:

clip_image020[4]

 

Keterangan :

Karena intVal yang bertipe data integer tidak diinisialisasikan atau diberi nilai maka nantinya akan keluar angka 0 saat dilakukan pemanggilan output pada aplikasi console.

 

VB.NET juga mengizinkan deklarasi dan inisialisasi dilakukan secara

bersamaan dalam satu baris.

Module Module1

 

    ' Deklarasi dan inisialisasi

    Private intMax As Integer = 9

    Sub Main()

        'menulis pada baris console

        Console.WriteLine(intMax)

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

Tampilan program:

clip_image022[4]

 

 

 

Keterangan:

Deklarasi dan inisialisasi sudah dilakukan pada variabel global dengan tipe data integer. Sehingga di dalam Sub Main cukup dilakukan dengan pemanggilan saja menggunakan Console.WriteLine() dan Console.Read().

 

b.      Pernyataan Option Strict

Pada saat menulis kode program, sebaiknya tetapkan opsi kompilasi dengan menggunakan pernyataan Option Explicit On. Pernyataan ini dimaksudkan untuk menginstruksikan kompiler Visual Basic agar tidak mendukung deklarasi variabel secara implisit. Pernyataan ini bisa ditetapkan melalui menu Tools > Options.

clip_image024[4]

 

Pernyataan Option Strict menyatakan apakah operasi-operasi dan konversi-konversi objek diatur secara tegas (strict) atau tidak. Apabila Option Strict On, maka operasi komparasi, kombinasi, atau penambahan variabel mensyaratkan dilakukan dari tipe yang sama.

Pernyataan Option juga dapat didefinisikan secara manual di baris paling atas dalam kode program.

Option Explicit On

Option Strict On

 

Module Module3

 

    Sub Main()

 

    End Sub

 

End Module

 

c.       Konversi Tipe

Konversi tipe data dapat dilakukan dalam dua cara: implisit, di mana konversi dilakukan secara otomatis, dan eksplisit, di mana diperlukan sintaks khusus.

Contoh konversi implisit:

Module Module1

 

    Sub Main()

        Dim intValue As Integer = 123

        ' Konversi implisit (konversi widening)

        ' dari Integer ke Long

        Dim longValue As Long = intValue

        Console.WriteLine(intValue & " = " & longValue)

        ' Output: 123

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

 

Tampilan program:

clip_image025[6]

 

Keterangan:

Pendeklarasian variabel intValue sebagai variabel pada procedure lokal yang bertipe integer serta diinisialisasikan dengan nilai 123.

Pada Dim longValue As Long = intValue, longValue dideklarasikan sebagai variabel lokal bertipe data long dan memiliki inisialisasi nilai yang sama dengan variabel intValue, dan sekarang angka tersebut telah menjadi tipe data long karena telah di konversi

Kemudian ketik variabel yang akan ditampilkan tersebut pada baris pada console menggunkan Console.WriteLine dan panggil kedua variabel tersebut menggunakan Console.Read.

 

 

Contoh konversi eksplisit:

Module Module1

 

    Sub Main()

        Dim longValue As Long = 321

 

        ' Konversi narrowing (Long ke Integer)

        'Dim intValue2 As Integer = longValue

        ' Error

 

        ' Harus menggunakan method konversi

        Dim intValue3 As Integer = CInt(longValue)

 

        'Tulis pada baris di console

        Console.WriteLine(intValue3 & " = " & longValue)

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

Tampilan program:

clip_image026[4]

 

Keterangan:

Deklarasikan terlebih dahulu variabel yang akan dikonversi, semisal menggunakan variabel longValue yang bertipe data long dengan nilai 321.

Karena pada Dim intValue2 As Integer = longValue terjadi error maka tambahkan CInt sehingga menjadi  Dim intValue3 As Integer = CInt(longValue).

Digunakan variabel intValue2 dan intValue3 bertujuan untuk membedakan keduanya.

Kemudian ketik variabel yang akan ditampilkan tersebut pada baris pada console menggunkan Console.WriteLine dan panggil kedua variabel tersebut menggunakan Console.Read.

Sebagai alternatif, juga disediakan method CType() untuk konversi tipe

data.

 

Module Module1

 

    Sub Main()

        Dim longValue As Long = 543

 

        ' Menggunakan method CType(ekspresi, tipe target)

        Dim intValue4 As Integer = CType(longValue, Integer)

 

        'Tulis pada baris di console

        Console.WriteLine(intValue4 & " = " & longValue)

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

Tampilan program:

clip_image027[4]

 

Keterangan:

Deklarasikan terlebih dahulu variabel yang akan dikonversi, semisal menggunakan variabel longValue yang bertipe data long dengan nilai 543.

Menggunakan metode CType Dim intValue4 As Integer = CType(longValue, Integer) dimana longValue adalah variabel yang akan diubah ke tipe data integer dan akan dimasukkan ke dalam variabel intValue4.

Kemudian ketik variabel yang akan ditampilkan tersebut pada baris pada console menggunkan Console.WriteLine dan panggil kedua variabel tersebut menggunakan Console.Read.

 

Method konversi lainnya antara lain: CBool, CByte, CDate, CDbl, CDec,CLng, CSng, CShort, CStr, Fix, dan Int.

 

Perhatikan, perilaku konversi sangat dipengaruhi oleh pernyataan Option

Strict.

 

Pada saat melakukan konversi tipe value ke reference, Visual Basic akan

melakukan boxing (konversi implisit), misalnya konversi Integer ke

Object.

 

PRAKTIKUM

1.      Konversi nilai variabel berikut ke tipe Short dan Double.

Dim intVal As Integer = 33

 

Short

Syntax:

Module Module1

 

    Sub Main()

        Dim intVal As Integer = 33

 

        'Konversi narrowing (eksplisit) Integer ke Short

        Dim shortVal As Short = CShort(intVal)

 

        'Tulis pada baris di console

        Console.WriteLine(intVal & " = " & shortVal)

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

Tampilan program :

clip_image028[6]

 

Penjelasan :

Disini menggunakan jenis konversi narrowing (eksplisit) karena mengkonversi dari tipe data besar (integer) ke tipe data kecil (short). Menggunakan method CShort karena akan diubah ke tipe data short.

 

 

 

 

Double:

Syntax:

Module Module1

 

    Sub Main()

        Dim intVal As Integer = 33

 

        'Konversi widening (implisit) Integer ke Double

        Dim DoubleVal As Double = intVal

 

        'Tulis pada baris di console

        Console.WriteLine(intVal & " = " & DoubleVal)

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

Tampilan program :

clip_image028[7]

 

Penjelasan :

Disini menggunakan jenis konversi widening (implisit) karena mengkonversi dari tipe data kecil (integer) ke tipe data besar (double). Dan bisa dijamin kesuksesannya tanpa menambahi method apapun.

 

2.      Konversi nilai variabel berikut ke tipe Integer.

Dim str As String = "123"

 

Syntax:

Module Module1

 

    Sub Main()

        Dim str As String = "123"

 

        'Konversi widening (implisit) Integer ke Double

        Dim intVal As Integer = CInt(str)

 

        'Tulis pada baris di console

        Console.WriteLine(str & " = " & intVal)

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

Tampilan program :

clip_image025[7]

 

Penjelasan :

Karena tipe data integer dan tipe data string tidak saling berhubungan, maka digunakan konversi narrowing (eksplisit).

 

3.      Konversi nilai variabel berikut ke Object.

Dim intVal As Integer = 33

 

Syntax :

Module Module1

 

    Sub Main()

        Dim intVal As Integer = 33

 

        ' Menggunakan method CType(ekspresi, tipe target)

        Dim oData As Object = intVal

 

        'Tulis pada baris di console

        Console.WriteLine(intVal & " = " Is oData)

 

        'menampilkan hasil pada console

        Console.Read()

 

    End Sub

 

End Module

 

Tampilan program :

clip_image029[4]

 

Penjelasan :

Obejct bisa dibuat dari berbagai jenis tipe data. Oleh karena itu bisa menggunakan konversi secara implisit (widening).

 

KESIMPULAN

Berdasarkan dasar teori dan daftar pustaka dapat diambil beberapa kesimpulan:

1.      Visual Basic .NET (atau VB.NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi .NET di platform Microsoft .NET.

2.      Tipe data digunakan untuk menyimpan dan merepresentasikan data di dalam aplikasi. Misal integer, Floating-Point, Boolean, dan Char

3.      Variabel adalah suatu lokasi di memori, di mana interpretasinya bergantung pada kelas penyimpanan yang ditentukan berdasarkan keyword dan konteks deklarasinya dan tipenya.

4.      Aturan-aturan dasar yang bisa membantu untuk menghasilkan kode program yang standar melalui Notasi Penamaan (Notasi Pascal, Notasi Camel, Notasi Upper), Standar Penamaan (mempermudah pembacaan dan pemahaman pada program).

5.      Konversi bisa diartikan sebagai upaya pengubahan suatu entitas dari satu tipe data ke tipe data lainnya. Konversi ini bisa berupa widening atau narrowing.

6.      Konversi widening adalah konversi dari satu tipe ke tipe lainnya yang dijamin  dapat dilakukan misalnya konversi dari tipe turunan ke tipe dasar. Di sisi lain, konversi narrowing tidak bisa dipastikan akan selalu berhasil dan berpotensi menimbulkan hilangnya informasi.

 

DAFTAR PUSTAKA

Meidianto, Ferry. 2013. Keyword "Me" pada VB.NET, (Online), (http://social.msdn.microsoft.com/Forums/en-US/8a4f6762-a824-44af-a323-1362c3b64ae5/apa-yang-dimaksud-dengan-keyword-me-pada-vbnet-dan-untuk-apa-fungsinya?forum=visualbasicid), diakses 23 Januari 2014

 

Microsoft. Library. 2014. Console.WriteLine Method, (Online), (http://msdn.microsoft.com/en-us/library/system.console.writeline(v=vs.110).aspx), diakses 25 Januari 2014

 

Saklitinov, Adityo. 2011. Konversi Data VB .NET, (Online), (http://tidipia-comp.blogspot.com/2011/12/konversi-data-vbnet.html), diakses 25 Januari 2014

 

Zalukhu, Obed. 2013. Bab 1 Pengenalan Visual Basic, (Online),  (http://obednias.blogspot.com/2013/01/bab-1-pengenalan-visual-basic.html), diakses 23 Januari 2014

 

1 comment: